Wednesday, January 18, 2012

Manusia Setengah Salmon



Nyokap memandangi penjuru kamar gue. Dia diam sebentar, tersenyum, lalu bertanya, ‘Kamu takut ya? Makanya belom tidur?’
‘Enggak, kenapa harus takut?’
‘Ya, siapa tahu rumah baru ini ada hantunya, hiiiiii...,’ kata Nyokap, mencoba menakut-nakuti.
‘Enggak takut, Ma,’ jawab gue.
‘Kikkikikiki.’ Nyokap mencoba menirukan suara kuntilanak, yang malah terdengar seperti ABG kebanyakan ngisep lem sewaktu hendak photobox. ‘Kikikikikiki.’
‘Aku enggak ta—’
‘KIKIKIKIKIKIKIKI!’ Nyokap makin menjadi.
‘Ma,’ kata gue, ‘kata orang, kalo kita malem-malem niruin ketawa kuntilanak, dia bisa dateng lho.’
‘JANGAN NGOMONG GITU, DIKA!’ Nyokap sewot. ‘Kamu durhaka ya nakut-nakutin orang tua kayak gitu! Awas, ya, kamu, Dika!’
‘Lah, tadi yang nakut-nakutin siapa, yang ketakutan siapa.’

*****

Manusia Setengah Salmon adalah kumpulan tulisan komedi Raditya Dika. Sembilan belas bab di dalam bercerita tentang pindah rumah, pindah hubungan keluarga, sampai pindah hati. Simak juga bab berisi tulisan galau, observasi ngawur, dan lelucon singkat khas Raditya Dika.



      Sepenggal kisah diatas diambil dari cuplikan yang ada di buku terbarunya Raditya Dika, Manusia Setengah Salmon. Buku Manusia Setengah Salmon ini, adalah buku Raditya Dika yang ke-6 ( tidak termasuk komik ) dan merupakan bukunya yang kedua yang saya miliki setelah Marmut Merah Jambu. Setalh membaca semua kisah-kisah Raditya Dika dari semua bukunya, maka buku ini bisa dibilang yang ceritanya paling "dewasa". Dengan inti cerita yang masih berkutat dengan segala kisah kegalauan sang penulis, mulai dari patah hati, pindah rumah, tersesat, sampai galau karena ulah sopirnya.
      Dari sebelas cerita yang terdapat di buku tersebut, cerita yang paling saya sukai ada di dua judul, yaitu Bakar Saja Keteknya! dan Sepotong Hati Dalam Kardus Cokelat, yang ceritanya bikin terenyuh, karena diceritakan dengan hati serta tentu saja bikin ngakak karena tentu saja bertutur tentang komedi. Selain dua cerita tersebut, banyak juga cerita-cerita lainnya yang tak kalah lucu dan serunya. Pokoknya, untuk buku para penggemar Raditya Dika ( termasuk saya ) dan penggemar buku cerita komedi, buku ini menjadi semacam buku yang wajib untuk dimiliki! Ya, Manusia Setengah Salmon, Worth to Read!

Spesifikasi dan Keterangan Buku

Terbit : 24 Desember 2011
Halaman : 272 Halaman
Bahasa : Indonesia
Genre : Komedi
ISBN : ISBN-979780531X
Penerbit : Gagasmedia
Harga : Rp. 42.000,-

0 comments:

Post a Comment